Hal Apa Saja Yang Harus Di Persiapkan Sebelum Mendaki

Hal Apa Saja Yang Harus Di Persiapkan Sebelum Mendaki
Jakarta - Kegiatan mendaki gunung semakin digemari oleh banyak orang. Terutama anak-anak muda. Mendaki gunung memang sangat seru dan menyenangkan. Kita bisa bersenang-senang di alam bebas sambil menikmati suasana alam bersama teman atau keluarga yang tak jarang akan memberikan kita pelajaran tentang banyak hal.

Meski begitu bukan berarti kita bisa melakukan pendakian kapan saja tanpa persiapan. Terutama untuk para pemula,Bukan rahasia umum lagi bahwa salah satu penyebab semakin banyaknya pendaki gunung di Indonesia adalah karna “racun-racun” berupa foto pemandangan indah di puncak gunung yang berseliweran setiap hari di media sosial yang begitu memukau sehingga semakin banyak yang menggemari kegiatan ini terutama kaum remaja.

Maka wajar bila banyak orang yang tadinya tidak pernah kepikiran untuk naik gunung tiba-tiba ingin segera naik gunung untuk melihat pemandangan yang sama. Khusus untuk pemula yang baru akan melakukan pendakian untuk pertama kali, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum memulai pendakian. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Inilah Beberapa hal yag harus anda persiapkan sebelum memulai pendakian ialah :

1. Persiapan fisik dan mental

Hal pertama dan yang paling utama yang harus dipersiapkan untuk kamu yang baru akan mendaki gunung untuk pertama kali adalah mempersiapkan mental dan juga fisik. Persiapan fisik sangat diperlukan karna kita akan berjalan lebih jauh dari biasanya. Plus, kita juga harus membawa barang bawaan yang tentu saja tidak ringan.

Jika kamu baru akan melakukan pendakian untuk pertama kali, sangat disarankan untuk mempersiapkan fisik dengan berolahraga rutin (terutama jogging) beberapa minggu sebelum berangkat. Hal ini akan membuat fisik kita menjadi lebih siap.

Sedangkan untuk persiapan mental juga sangat diperlukan karna untuk menikmati pemandangan indah di puncak gunung tidaklah mudah. Kita harus bersabar sembari melangkahkan kaki setapak demi setapak. Nikmati proses pendakian dan rasakan kejutan-kejutan yang kamu dapatkan.

2. Persiapan perlengkapan mendaki

Perlengkapan mendaki juga menjadi hal yang sangat penting untuk dipersiapkan. Perlengkapan disini mencakup persiapan kelompok dan perlengkapan individu. Tenda, alat masak, serta matras bisa dimasukkan dalam daftar perlengkapan kelompok. Sisanya adalah perlengkapan pribadi.

Perlengkapan pribadi ini sangat penting karna akan sangat menentukan kelancaran sebuah pendakian. Tolong dicatat, jangan pernah mengandalkan alat orang lain saat sedang mendaki. Alasannya sangatlah sederhana. Karna orang lain juga membutuhkan perlengkapan mereka sendiri.

Saat mendaki gunung, gunakan pakaian yang memang didesign untuk berkegiatan di alam terbuka. Sangat disarankan untuk tidak menggunakan celana jeans saat mendaki. Jika kamu belum punya perlengkapan mendaki sendiri, ada banyak rental oudoor yang bisa kamu andalkan. Sewalah semua perlengkapan yang diperlukan dan kemaslah dengan se rapi mungkin agar barang bawaan kamu semakin mudah untuk di pergunakan saat diperlukan.

3. Pelajari medan pendakian

Jangan pernah menganggap remeh sebuah pendakian gunung. Saat kamu melihat foto-foto puncak gunung yang beredar di media sosial mungkin kamu akan beripikir: “wah asik ya kayaknya”

Ketahuilah, orang yang mengunggah foto di puncak gunung tersebut juga melalui serangkaian perjalanan yang tidak mudah. Mereka harus melewati medan yang berliku dan naik turun. Kalau salah sambil jalan, bisa saja tersesat. So, sebelum melakukan pendakian, pelajari terlebih dulu medan pendakian. Kamu bisa bertanya kepada teman yang sudah pernah melakukan pendakian ke gunung yang akan kamu tuju. Atau, kamu juga bisa baca-baca blog pendakian yang kini sudah semakin banyak bertebaran di internet

4. Persiapan logistik

Perjalanan yang melelahkan tentu akan sangat menguras fisik. Disinilah kita akan membutuhkan asupan makanan untuk mengisi ulang tenaga. Sebelum mempersiapkan logistik kita harus memperhitungkan dulu kisaran waktu pendakian. Jika kita ingin melakukan pendakian ke gunung yang lokasinya berada di luar kota, sebaiknya belanja logistik di daerah yang kita tuju untuk meringankan beban

Selain makanan berat, bawalah snack untuk dimakan saat kita sedang break di tengah-tengah jalur pendakian. Walaupun tidak seberapa, setidaknya snack bisa memberikan kita sedikit energi untuk melanjutkan perjalanan
  
5. Persiapan air

Salah satu pentingnya mempelajari medan pendakian adalah untuk mengetahui apakah di dalam track pendakian terdaat sumber air atau tidak. Beberapa gunung mempunyai sumber air di dekat jalur pendakian sehingga kita tidak perlu membawa terlalu banyak air dari bawah

Air tidak hanya diperlukan untuk konsumsi minum saja tapi juga untuk memasak. Untuk lebih amannya, bawa minimal dua botol air ukuran 1500ml per orang untuk satu hari pendakian

6. Persiapan mencari teman mendaki

Setelah niat dan perlengkapan sudah siap, tiba saatnya mencari teman untuk melakukan pendakian. Jika kamu akan mendaki bersama teman yang juga sama-sama belum pernah mendaki, akan lebih baik jika kamu mencari teman lain yang sudah pernah mendaki gunung

Dengan mengajak seorang pendaki yang sudah berpengalaman, kita akan merasa lebih aman. Ingat, mendaki gunung tidak semudah yang dibayangkan. Dengan ditemani oleh minimal satu orang pendaki berpengalaman, resiko untuk tersesat akan semakin kecil.

7. Lakukan Secara Bertahap
Jika Anda adalah pendaki pemula, mulailah mendaki gunung dengan ketinggian rendah terlebih dahulu dan secara bertahap ke gunung yang lebih tinggi. Namun demikian, ketinggian hanyalah satu ukuran, Anda perlu juga mempertimbangkan tingkat kesulitan. Tak semua gunung rendah memiliki tingkat kesulitan pendakian yang cocok bagi pendaki level pemula. 

Lakukan riset dengan baik dan tanya kepada pendaki yang sudah lebih berpengalaman. Jangan memaksakan diri ingin mendaki gunung tertinggi di suatu tempat hanya karena sedang populer atau ingin menjadi populer. Keselamatan tentu lebih utama ketimbang popularitas. 
8. Jangan lupa berdoa

Dan yang terakhir, sebelum melakukan pendakian jangan pernah lupa untuk berdoa lebih dulu. Selain untuk meminta kelancaran kepada Tuhan, melakukan doa sebelum mendaki juga akan menunjukkan diri kita sebagai orang yang tidak angkuh

Berdoa juga sekaligus menjadi semacam “ucapan salam” kita kepada gunung.

Ingatlah kawan kita mendaki bukan untuk merusak alam, tetapi untuk menikmati keindahan alam.Jangan menumpukkan sampah pada puncak pendakian karna akan membuat alam kita rusak.

Saat mendaki gunung, tolong selalu ingat kalimat berikut ini

"don’t leave anything but foot step, don’t take anything but pictures, don’t kill anything but time"


"Pendaki yang keren adalah pendaki yang tidak membuang sampah di gunung."
Sign out
Baca Juga ×
Diberdayakan oleh Blogger.