Ingin Punya Hewan Peliharaan? Inilah Macam - Macam Hewan Peliharaan Yang Aman Bagi Anak

Ingin Punya Hewan Peliharaan? Inilah Macam - Macam Hewan Peliharaan Yang Aman Bagi Anak

Jakarta - Memelihara hewan bisa jadi materi pembelajaran yang penting untuk anak Anda. Dengan memelihara hewan yang tepat, Anda bisa mengajarkan anak untuk menjadi penyayang, lembut, dan bertanggung jawab. 

Hewan juga bisa menjadi teman terbaik untuk anak Anda. Saya akan mengulas beberapa hewan peliharaan yang aman di pelihara untuk anak kecil


1. Anjing

Anjing adalah hewan peliharaan no 1 di seluruh dunia. Bahkan tak jarang anjing sudah dianggap seperti anggota keluarga sendiri. Jika Anda punya rumah yang luas, Anda bisa memelihara jenis anjing apapun. 

Baik untuk usia balita, remaja, dan dewasa, anjing bisa jadi teman sejati anak Anda. Pilihan anjing favorit adalah golden retriever dan pudel.


2. Kucing

Karena tergolong hewan yang aktif dan lincah, kucing cocok untuk anak usia 6 tahun ke atas. Pilih jenis kucing persia yang berbulu lebat. Ingat untuk selalu memperhatikan anak Anda apakah menunjukkan gejala alergi saat berada di dekat kucing. Jika iya, Anda perlu mencari alternatif hewan peliharaan


3. Ikan

Ikan bisa dipelihara di kolam atau di akuarium. Ikan bisa dijadikan hewan peliharaan pertama untuk anak Anda karena perawatannya yang tak terlalu sulit. Anda bisa mengajarkan tanggung jawab dengan cara memberi tugas si kecil untuk memberi makan ikan secara teratur.

memelihara ikan juga dapat menambah wawasan anak anda untung lebih menetahui berbagai macam jenisna. akan tetapi pilihlah jenis ikan tawar seperti ikan koi dikarenakan sifatnya yang mudah jinak dan juga memiliki berbagai warna yang lebih menarik bagi sang anak.


4. Kelinci

Kelinci bisa dipelihara jika Anda memiliki lahan taman yang cukup luas sebagai tempat kelinci bermain. Anda bisa memberikan kelinci dengan usia 3 bulan keatas sebagai hewan peliharaan si kecil. Bulunya yang halus dan lembut pasti bisa memberikan keceriaan di hari si kecil.


5. Hamster atau Guinea Pig

Jenis hewan peliharaan seperti hamster atau guinea pig cocok untuk anak yang sudah bisa mulai mandiri dan mengerti seperti usia 3 tahun ke atas. Anda cukup memberikan kandang berupa akuarium transparan dan dilengkapi mainan. Pilihlah hamster yang jinak supaya anak anda tidak terluka oleh gigitannya

Jika anak merengek memelihara reptilia, orang tua wajib mempertimbangkan perawatan dan konsumsi makanannya. Sebab, binatang reptilia biasanya memangsa hewan lain sebagai makanannya.

Dalam memilih hewan peliharaan, jangan lupa juga mempertimbangkan kemungkinan alergi yang dimiliki anggota keluarga. Terakhir dan yang terkadang sering terlupakan, biaya yang harus disiapkan untuk membeli perlengkapan merawat hewan.


Sekian yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat bagi anda semua.
Sign out
Baca Juga ×
Diberdayakan oleh Blogger.