Tangkis Penuaaan Dini Dengan 4 Cara Ini

Tangkis Penuaaan Dini Dengan 4 Cara Ini
Jakarta - Kulit sangat mungkin mengalami penuaan dini. Gejala umumnya yaitu muncul garis tipis di sekitar sudut luar mata, sudut bibir, atau dahi.

Proses penuaan dini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah perubahan kolagen yang memengaruhi keelastisan kulit. Meski demikian, Anda dapat mencegah penuaan dini dengan beberapa cara berikut:

1. Makanan sehat

Makanan sehat yang dimaksud adalah makanan yang mengandung antioksidan tinggi seperti vitamin C dan E. Antioksidan yang tinggi ini dapat melawan radikal bebas yang merupakan penyebab utama terjadinya penuaan dini. Vitamin C dan E juga baik untuk menjaga kadar kolagen dan keelastisan kulit.

Selain itu, kandungan kolagen dan elastin baik untuk memperbaiki kelenturan kulit. Makanan yang mengandung astaxanthin juga bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Astaxanthin atau antioksidan poten yang berasal dari alga Haematococcus pluvialis juga dapat memperbaiki elastisitas kulit dan struktur kolagen pada kulit yang rusak akibat adanya radikal bebas.

Makanan berlemak dan berkalori tinggi yang sangat tidak baik untuk kesehatan sebaiknya dihindari. Ganti dengan buah dan sayur yang kaya akan antioksidan.

2. Selalu gunakan krim tabir surya

Bukan berarti sinar matahari itu tidak bermanfaat untuk tubuh. Namun, sinar ultraviolet dan inframerah bisa merusak kualitas kulit Anda. Jadi, sesibuk apapun, Anda harus rajin menggunakan krim tabir surya.

3. Olahraga

Berolahraga meningkatkan sirkulasi darah, sehingga membantu memberi nutrisi pada kulit. Aliran darah yang lebih baik membawa lebih banyak oksigen dan nutrisi.

Hal ini dapat membantu kulit menghasilkan kolagen yang mencegah keriput. Jangan khawatir tentang keringat yang muncul saat berolahraga. Keringat tersebut tidak akan menyumbat pori-pori bila Anda segera mencuci muka setelah olahraga.

4. Berhenti merokok

Merokok dapat mengurangi aliran darah ke kulit dan ikut berperan pada pemecahan kolagen. Kurangnya kolagen berarti akan menyebabkan lebih banyak kerutan. Karena itu, Anda perlu berhenti merokok untuk mencegah penuaan dini.
Kulit menua seiring bertambahnya usia itu pasti. 

Namun bila kulit mengalami penuaan dini, Anda tentu tak menginginkannya, bukan? Anda bisa mencegahnya dengan menerapkan beberapa kiat di atas.



­-  KLIKDOKTER  -


Sign out
Baca Juga ×
Diberdayakan oleh Blogger.